Bansos BPNT Mulai Cair Hari ini, Ada Wilayah yang Dipercepat, Pastikan Tak Ketinggalan! 

- 19 Februari 2024, 14:10 WIB
Ilustrasi - Bansos BPNT Mulai Cair Hari ini, Ada Wilayah yang Dipercepat, Pastikan Tak Ketinggalan! 
Ilustrasi - Bansos BPNT Mulai Cair Hari ini, Ada Wilayah yang Dipercepat, Pastikan Tak Ketinggalan!  /Pixabay/iqbalnuril

BERITASUKOHARJO.com - Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan jenis bantuan yang diberikan pemerintah kepada warga yang terdampak Covid 19 sejak 2020 lalu.

Bansos BPNT akan diberikan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yakni yang berada pada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksana.

Bansos BPNT ini akan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan. Sementara pencairannya dilakukan setiap 2 bulan sekali. Selama setahun penerima manfaat akan menerima bantuan sebanyak 6 kali.

Baca Juga: ALHAMDULILLAH! Bantuan PIP 2024 Segera Cair, Cek Besaran Jumlah dan Jadwal Penyalurannya ke Siswa di Sini!

Jika ditotal, maka setiap penerima manfaat Bansos BPNT pada Februari ini akan memperoleh Rp400.000. Pencairannya melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Awalnya BPNT merupakan bantuan berupa beras untuk keluarga miskin (raskin). Kemudian diubah dengan memberikan uang yang nantinya digunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

Harapannya kebutuhan gizi masyarakat dapat terpenuhi. Tidak hanya berupa karbohidrat saja, tapi juga nutrisi lain seperti protein.

Pencairan Bansos BPNT Februari ini dilakukan dengan dua skema. Yakni skema percepatan dan normal. Pencairan Bansos dengan skema normal dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ada, yaitu dimulai sejak 19 Februari hingga pertengahan Maret 2024.

Baca Juga: Setelah Pemilu 2024 Usai, Pemerintah Salurkan 4 Bansos ini, Simak Jadwal, Besaran dan Syarat Penerimanya!

Halaman:

Editor: Klara Delviyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah