Shopee Terus Genjot Ekspor UMKM, Pedagang Sepatu Ini Kisahkan Perjalanannya

- 11 Oktober 2023, 06:00 WIB
Usaha sepatu Patris di Bogor yang sukses mengekspor produknya hingga ke luar negeri.
Usaha sepatu Patris di Bogor yang sukses mengekspor produknya hingga ke luar negeri. /Dok. Istimewa/

BERITASUKOHARJO.com - E-commerce telah menjadi sumber pendapatan penting bagi pelaku UMKM lokal yang menjalankan bisnis online. Salah satu contoh kisah sukses berbisnis online datang dari usaha sepatu bernama Patris, yang berbasis di Bogor dan didirikan oleh Ricco Antonius.

Memulai bisnis sepatu saat pandemi, nyatanya penjualan toko Patris Official malah berkembang pesat hingga berhasil bertumbuh hanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Patris, sempat dilanda dilema waktu memutuskan untuk mendirikan bisnis sepatu di saat orang-orang harus tinggal di rumah karena kebijakan lockdown.

“Awalnya pas mau seriusin bikin bisnis sepatu sendiri agak bingung. Lagi pandemi kan orang harus di rumah ya, tapi kok malah bikin bisnis sepatu. Tapi ya karena tekad saya sudah bulat dari dulu, dan keluarga juga sudah berpengalaman soal bisnis sepatu (offline), akhirnya kita putuskan kali ini jual online di Shopee aja,” ungkap Ricco.

Baca Juga: Bunga Tulip Kok Cuma dari Plastik Kresek Bekas? Modal Setrika Jadi Hiasan Ruang Tamu Nih

Usaha sepatu Patris di Bogor yang sukses mengekspor produknya hingga ke luar negeri.
Usaha sepatu Patris di Bogor yang sukses mengekspor produknya hingga ke luar negeri.

Ricco meyakini bahwa Shopee memiliki jangkauan pembeli yang sangat luas. Selain itu, mereka menyadari bahwa banyak masyarakat Indonesia telah beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Memang kita pilih untuk langsung menjual produk Patris secara online di Shopee supaya bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Kita merasa bahwa banyak masyarakat Indonesia yang belanja kebutuhannya di Shopee, jadi kita yakin kalau Shopee dapat mendatangkan banyak pembeli untuk kita. Dari segi aplikasi untuk penjual, Shopee sangat mudah untuk digunakan,” jelas Ricco.

Perjalanan Patris di Shopee berkembang pesat selama tiga tahun terakhir. Mereka memulai sebagai Star Seller dan mampu naik ke kategori Star+ Seller hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan. Tidak hanya itu, bahkan Patris berhasil mencapai kategori ‘Mall’ yang merupakan kategori tertinggi untuk penjual di Shopee, hanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Keberhasilan ini tentunya didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan respons cepat terhadap pertanyaan pembeli.

Salah satu langkah penting dalam perjalanan Patris adalah bergabung dengan Program Ekspor Shopee. Dalam satu tahun terakhir, mereka telah berhasil mengekspor produk Patris ke Malaysia dan Singapura. Meskipun saat ini Patris masih lebih fokus pada pasar lokal melalui Shopee, mereka memiliki rencana untuk lebih aktif dalam menjelajahi pasar ekspor ke negara lainnya di masa depan.

Halaman:

Editor: Inung R Sulistyo


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah