Hasilkan Omzet Besar, Shopee Jadi E-Commerce Paling Sering Digunakan oleh Brand Lokal dan UMKM

- 6 Oktober 2023, 09:04 WIB
Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online. /Freepik/Ijeab/

BERITASUKOHARJO.com - Kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak positif dengan memberikan kesempatan kepada produk-produk lokal untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu contoh nyatanya adalah pertumbuhan yang sangat signifikan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi tidak hanya berdampak positif pada UMKM, tetapi juga telah memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Era digital yang berkembang pesat seperti saat ini, brand lokal dan UMKM seringkali mendapat dukungan dan peluang untuk bertahan dan mengoptimalkan potensinya, khususnya melalui platform e-commerce yang menjadi salah satu fondasi utama bagi pelaku usaha lokal untuk bisa mengembangkan cakupan pasar.

Sejumlah inovasi berkesinambungan yang senantiasa dihadirkan oleh platform e-commerce telah membantu brand lokal & UMKM mengembangkan bisnis mereka dengan efisien. Selain menjadi perpanjangan tangan dalam mencapai pelanggan baru, para pemain e-commerce  terus berlomba-lomba mengembangkan program dan inisiatifnya dalam mendukung brand lokal & UMKM untuk meraih keuntungan dan mencapai potensi yang maksimal. Dengan dukungan yang tepat, akan melahirkan kesempatan baru untuk masyarakat luas melalui terciptanya lapangan kerja hingga mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Baca Juga: Inovasi Shopee Hadirkan COD Cek Dulu, Bikin Belanja Online Makin Menyenangkan

Menilik dari hasil riset yang dirilis oleh Ipsos pada bulan Maret lalu dengan judul "Understanding The Potentiality In E-commerce Seller”, melibatkan responden yang sebagian

besar adalah pelaku usaha brand lokal dan UMKM yang berjualan online. Riset ini mengungkapkan beberapa faktor-faktor krusial yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis para pelaku usaha brand lokal dan UMKM di ranah e-commerce.

Riset Ipsos menunjukkan Shopee (65%) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis kebanyakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM, berada jauh di atas Tokopedia (16%) dan Lazada (6%). Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59%) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (20%) di urutan kedua, lalu Lazada (7%).

Halaman:

Editor: Inung R Sulistyo


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah