Tok! Tes Calistung Dihapus dari PAUD ke SD, Nadiem Makarim: Hilangkan Error Besar Ini

- 30 Maret 2023, 17:02 WIB
Nadiem Makrim memberikan pernyataan terkait tes calistung PAUD untuk masuk SD dihapus
Nadiem Makrim memberikan pernyataan terkait tes calistung PAUD untuk masuk SD dihapus /YouTube KEMENDIKBUD RI

BERITASUKOHARJO.com – Nadiem Makarim, menyatakan bahwa tes calistung akan dihapus dari PAUD ke SD.  Hal ini disampaikannya melalui peluncuran ‘Merdeka Belajar Episode 24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan’, pada 28 Maret 2023.

Kebijakan penghapusan tes calistung diambil Nadiem Makarim karena melihat banyaknya miskonsepsi terkait calistung pada tingkatan PAUD dan SD/MI kelas awal yaitu kelas 1 dan 2.

Miskonsepsi ini membuat anak-anak sekolah harus bisa calistung terlebih dahulu agar bisa masuk SD. Tentu ini bisa menciptakan transisi PAUD ke SD yang tidak menyenangkan bagi anak.

Baca Juga: Mudah dan Banyak Kuota! Mudik Gratis Polri Presisi, Simak Ini Persyaratan, Tempat Pendaftaran, dan Rutenya

Oleh karena itu, Nadiem Makarim sangat berharap agar error besar ini segera dihilangkan. Jangan sampai tanggung jawab pendidikan calistung hanya dilimpahkan pada pendidikan PAUD saja.

“Ini suatu hal yang sudah tidak bisa lagi ditolerir dan kami mohon bantuan semua Bapak Ibu di dalam ruangan ini dan juga yang menonton YouTube untuk segera menghilangkan error besar ini seolah-olah SD di seluruh Indonesia tidak punya tanggung jawab sama sekali mengenai calistung dan itu tanggung jawabnya PAUD,” ucap Nadiem Makarim.

Dalam pertemuan tersebut, Nadiem Makarim juga menyebutkan bahwa anak memiliki hak untuk mendapatkan dasar berupa kematangan emosi, kemandirian, kemampuan berinteraksi, dan hal-hal lainnya yang ternyata lebih penting dari calistung.

Baca Juga: RESMI DIBUKA! Mudik Gratis 2023 Bersama BUMN Pelindo Group, Cek Mekanisme Pendaftaran, Syarat dan Rutenya!

Pada pernyataan yang dilansir BeritaSukoharjo.com dari kanal YouTube KEMENDIKBUD RI, Mendikbud Ristek juga menyampaikan bahwa anak perlu mendapatkan pendidikan dasar mengenai literasi dan numerasi yang bisa dibangun sejak PAUD.

Halaman:

Editor: Francisca Adita Maya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah