Viral Minum Oralit saat Sahur, Awas Ada Dampak Jika Dikonsumsi Secara Menerus

- 27 Maret 2023, 17:28 WIB
Ilustrasi - Dampak minum oralit saat sahur
Ilustrasi - Dampak minum oralit saat sahur /Dok: Hello Sehat Kementerian Kesehatan/

BERITASUKOHARJO.com – Belakangan ini viral video minum oralit saat sahur. Hal ini diyakini mampu menahan rasa haus. Namun, bagaimana efek samping jika ini dikonsumsi secara terus menerus? Apa tidak bahaya untuk kesehatan kita semua?

Selama melaksanakan ibadah puasa kita memang sering merasa haus. Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk mengatasi rasa hausnya. Hingga belakangan ini viral aksi minum oralit saat sahur, hal ini tidak disarankan karena bisa berdampak bagi kesehatan.

Oralit memang kerap digunakan untuk orang yang mengalami diare. Namun, pada kasus oralit diminum saat sahur sangatlah berbeda. Karena kadar dosis serta dampak dari minum oralit untuk orang dehidrasi dan berpuasa berbeda.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tempat Makan Favorit Presiden Jokowi, Nomor 3 Ada di Sukoharjo Cocok untuk Bukber Ramadhan 2023

Dilansir BeritaSukoharjo.com dari laman Hello Sehat Kementerian Kesehatan, ada beberapa dampak atau efek yang ditimbulkan dari konsumsi oralit yang tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Ada beberapa kondisi dari dampak oralit yang harus segera mendapatkan penanganan dokter. Seperti perut kembung, denyut jantung yang meningkat, tekanan darah tinggi, kaki membengkak, oto kejang hingga mata bengkak.

Meskipun jarang ditemukan efek samping, tetapi jika kamu sudah mengalami gejala seperti diatas secara terus menerus maka kamu wajib untuk memeriksa kondisimu ke dokter. Penggunaan oralit pada ibu hamil juga harus diawasi oleh dokter.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sate Ponorogo yang Terkenal Enak, Cocok Buat Menu Buka Puasa Ramadhan 2023, yuk, Cobain!

Halaman:

Editor: Klara Delviyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x